Kamis, 16 Juni 2011

Gerhana Bulan Terlama, Berwarna Merah Darah

Fenomena gerhana bulan pada Kamis (16/6/2011) dini hari tak hanya sensasional karena menjadi gerhana bulan terlama sejak tahun 2000 silam. Fenomena gerhana bulan in juga akan membuat citra bulan bewarna merah darah selama 100 menit (saat transformasi menjadi gerhana bulan penuh).
Warna merah saat gerhana bulan total terjadi

Bagaimana bisa? Biasanya, Bulan diterangi Matahari. Selama gerhana bulan, bumi, matahari, dan bulan berada di garis dan bayangan bumi bergerak melintasi permukaan bulan purnama. Sinar matahari yang melewati atmosfer bumi membuat bulan tampak merah, coklat, atau hitam.
Wilayah yang bisa menyaksikan gerhana bulan total tadi malam dini hari
Wilayah yang bisa menyaksikan gerhana bulan total tadi malam dini hari
Peredaran bulan ke posisi yang sama setiap bulan, tetapi kemiringan orbit bulan berarti biasanya bulan melewati atas atau di bawah bayangan terestrial.aHal itu berarti bulan purnama terlihat tetapi tidak terjadi gerhana. Dilansir daily mail, fenomena alam ini diprediksi NASA tak akan dinikmati negara-negara di Eropa. Negara pada bagian benua tersebut disebut akan kehilangan fenomena awal gerhana bulan itu karena terjadi sebelum moonrise.





Gerhana akan terjadi pada 6:24 malam (BST/British Summer Time/ waktu Inggris) dan berakhir pada tengah malam, tetapi matahari belum terbenam di Inggris sampai pukul 09:19 malam. Orang-orang di sebelah timur Afrika, Timur Tengah, Asia Tengah dan Australia Barat akan menikmati fenomena tersebut. Namun, mereka yang tinggal di AS akan kehilangan fenomena itu karena terjadi pada siang hari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Share it